Kamis, 05 November 2009

Menyembunyikan Taskbar

Contoh program di bawah ini akan menunjukkan bagaimana cara untuk menyembunyikan taskbar melalui program yang dibuat dengan Delphi.

Untuk menyembunyikan dan menampilkan taskbar kita dapat menggunakan salah satu dari fungsi Windows API yaitu ShowWindow yang deklarasinya sebagai berikut:

function ShowWindow (hwnd : HWND; nCmdShow : integer) : Boolean;
  1. Parameter pertama dari fungsi ShowWindow merupakan handle window yang akan ditampilkan atau disembunyikan. Parameter kedua adalah bagaimana window tersebut ditampilkan. Yang menjadi pertanyaan kita, darimana kita mendapatkan handle window dari taskbar ? Caranya adalah dengan memanggil fungsi FindWindow.
  2. <span id="more-170"></span>
  3. <pre lang="Delphi">function FindWindow (lpClassName, lpWindowName : PChar) : HWND;

Parameter pertama merupakan nama kelas jendela (window class). Pada Delphi nama ini identik dengan nama kelas dari Form, misalnya TForm1, TForm2, dst. Parameter kedua adalah caption dari form (TForm.Caption).

Kembalian dari fungsi FindWindow adalah handle form yang dicari. Bila Windows tidak menemukan form yang dimaksud, FindWindow akan mengembalikan nilai 0.

Untuk mencari handle form dari taskbar :

FindWindow('Shell_TrayWnd',Nil);
  1. Parameter pertama dari FindWindow diisi dengan Shell_TrayWnd yang merupakan window class dari taskbar. Sedangkan parameter kedua diisi dengan Nil yang menunjukkan bahwa form taskbar tidak mempunyai caption.
  2. Kode selengkapnya untuk menyembunyikan taskbar adalah sbb :
  3. <pre lang="Delphi">procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
  4. var
  5. hTaskBar :Thandle;
  6. begin
  7. hTaskBar := FindWindow('Shell_TrayWnd',Nil); ShowWindow(hTaskBar,Sw_Hide);
  8. end;

Untuk menampilkan taskbar langkahnya sama dengan yang di atas. Yang berbeda hanya parameter kedua dari ShowWindow, yang semula SW_HIDE diganti dengan SW_NORMAL. Kode lengkapnya adalah sebagai berikut :

procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
  1. var
  2. hTaskBar :Thandle;
  3. begin
  4. hTaskBar := FindWindow('Shell_TrayWnd',Nil); ShowWindow(hTaskBar,Sw_Normal);
  5. end;

1 komentar:

  1. tulisannya sangat brmanfaat...

    bisa sharing nhe tentang delphi saya sebenarnya masih belajar awal pemrograman delphi,bisahkah minta ilustrasi tentang backup dan restore menggunaan database delphi dengan database mysql 5.0.

    thanks sebelumya....
    my email: asrul_07@yamil.com

    BalasHapus