Sabtu, 28 November 2009

Tips Copy File lebih cepat hampir 2 kali lipat

Banyak cara yang ditempuh untuk memaksimalkan kinerja komputer saat melakukan copy file. Software yang kita gunakan untuk membantu proses copy yang sekarang kita bahas adalah Richcopy, aplikasi gratisan ini keluaran Microsoft. tool ini sangat membantu waktu kita mengkopy file dengan ukuran besar. Rich copy sudah diperkenalkan sejak Windows 95, Akan tetapi pada waktu itu tools ini terbatas penggunaannya hanya pada karyawan Microsoft.
Tool ini awalnya bernama RoboCopy, kemudian dikembangkan oleh insinyur Microsoft bernama Derk Benisch untuk kalangan internal. Waktu itu masih berupa program berbasis DOS, sehingga Anda harus paham command-line untuk dapat menggunakannya. Pada tahun 2001 dibuatlah Robocopy dengan interface GUI (Graphical User Interface) yang masih sederhana. Oleh Ken Tamaru aplikasi tersebut terus dikembangkan. Akhirnya saat ini aplikasi tersebut dikeluarkan dengan tampilannya dan nama baru, juga dapat diakses oleh umum "RichCopy".

Pada komputer berbasis Windows RichCopy sangat berguna, antara lain :

* Richcopy dapat digunakan untuk copy file dari berbagai lokasi/folder ke dalam satu lokasi tertentu. Intinya sobat tidak perlu menjalankan banyak proses copy untuk menjadikan satu lokasi bermacam file (seperti musik, foto, video dan dokumen) yang mungkin tersebar di banyak lokasi berbeda.

Tidak seperti proses copy biasa di Windows yang menyalin file secara berurut antara satu dengan lainnya. RichCopy dapat menyalin banyak file secara simultan /paralel /multi thread sehingga prosesnya dapat berjalan dengan lebih cepat.

* RichCopy berguna saat Anda mengcopy banyak file atau mengcopy file yang berukuran besar. Seringkali proses copy yang sedang berjalan kemudian berhenti secara tiba-tiba, bisa disebabkan oleh mati listrik, komputer hang atau error pada jaringan. Tentunya Anda harus tahu file mana saja yang sudah terkirim ke folder tujuan untuk mengcopy file yang tersisa yang belum tercopy. Dan yangkada membuat kita sebal adalah jika file yang berukuran besar yang kita copy, walaupun sebagian besar file tersebut sudah tercopy dengan ukuran tertentu ke folder tujuan namun jika proses copy terhenti, maka file tersebut harus dicopy kembali seluruhnya dari awal.


Untuk mengatasi masalah seperti diatas aplikasi ini memungkinkan sobat untuk melakukan pause dan resume terhadap proses copy yang sedang berjalan, ketika kita sedang download file dari internet menggunakan sebuah download manager. Ketika tiba-tiba ada gangguan yang menyebabakan proses copy terhenti, tidak akan membuat Anda harus mengulang prosesnya dari awal, tapi Anda bisa melanjutkannya kembali dari ukuran file terakhir yang tersisa.

Dan perlu sobat ketahui yang paling penting tentang tool ini, tool ini dibuat oleh programmer Microsoft. sobat tidak perlu khawatir menggunakannya, Tool ini dapat di download pada link di bawah ini, yang sebelumnya telah saya download langsung dari situs resmi microsoft.
di bawah ini link untuk download Richcopy
http://www.ziddu.com/download/5245072/RichCopy.zip.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar