Sabtu, 23 Januari 2010

Memasukkan komentar suara di dokumen Word

Kita menggunakan Word untuk berbagi informasi dan ide melalui tulisan, namun ada kelebihan lainnya dari Word selain itu. Ketika seseorang mungkin saja kurang baik dalam mengungkapkan lewat tulisan maka kita dapat memasukkan sebuah komentar suara. Misalkan saja kita ingin menyertakan sebuah salam khusus atau menitikberatkan tentang sesuatu hal.

Tentu saja fitur ini akan sangat tergantung kepada hardware yang dimiliki oleh pihak pembuat dan pihak penerima sehingga tidak akan berjalan untuk semua orang. Pihak pembuat memerlukan mikrofon sedang pihak penerima memerlukan speaker. Seandainya kita tidak tahu pasti tentang hardware yang dimiliki oleh pihak penerima maka sebaiknya tips berikut ini tidak perlu dicoba karena akan sia-sia saja berhubung pihak penerima tidak bisa mendengarkannya. :D.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Menampilkan toolbar Reviewing: Dari menu View, pilih Toolbars dan lalu pilih Reviewing; atau klik kanan di latar belakang toolbar manapun dan pilih Reviewing.

2. Jika ikon Insert Voice tidak muncul, maka tambahkan: Klik tanda panah drop-down toolbar Reviewing (pada bagian paling kanan dekat dengan ikon Reviewing Pane) dan pilih Add Or Remove Buttons. Kemudian, pilih Reviewing dan pilih Insert Voice. Di Word 2007, klik tombol Office dan klik Word Options. Pilih Customize dan lalu pilih Commands Not In Ribbon dari daftar drop-down Choose Commands From. Pilih Insert Voice dan klik Add lalu klik OK.

3. Setelah kita tambahkan tombol Insert Voice, maka kita sudah siap untuk merekam komentar. Posisikan kursor dimana kita ingin memasukkan komentar atau highlight (beri tanda) di sebuah kata atau kalimat dimana kita ingin menyisipkan komentar di konten.

4. Klik tombol Insert Voice.

5. Ketika Word menampilkan kotak dialog Sound Object (nantinya akan muncul beberapa saat setelah kita klik tombol Insert Voice), lalu klik tombol Record (yaitu tombol merah paling kanan).



6. Mulailah berbicara.

7. Jika sudah selesai, klik Stop (tombol persegi yang ada di sebelah kiri tombol Record).

8. Tutup kotak dialog Sound Object.

Word akan menyisipkan sebuah balon komentar yang seperti komentar lainnya. Namun bukan dalam bentuk teks, balon komentar akan muncul dalam bentuk ikon speaker. Untuk menjalankan komentar suara, cukup klik duakali ikon tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar