Sabtu, 23 Januari 2010

Menemukan tampilan Full Screen di Word 2007

Tampilan Full Screen menyembunyikan hampir semua antarmuka (toolbar, menu dan Status bar) yang memungkinkan dokumen Word atau Excel kita memenuhi layar. Cukup dengan memilih Full Screen dari menu View — dengan semudah itu. Untuk kembali ke tampilan Normal, klik Close Full Screen di toolbar Full Screen atau tekan [Esc]. Fitur Full Screen ini terutama akan sangat berguna dan membantu ketika kita menggunakan laptop dan netbook yang kecil, dimana tampilan layarnya mungkin terlihat kurang luas.

Tampilan Full Screen mudah ditemukan di aplikasi 2003. Dan di Excel 2007, terletak di tab View, tepat seperti 'kebiasaan' kita. Namun tidak mudah menemukan tampilan Full Screen di Word 2007. Di tab View Word kita memang akan menemukan Full Screen Reading, tapi itu tidak sama dengan tampilan Full Screen. Full Screen Reading mirip dengan tampilan Reading Layout; dan bukan tampilan Full Screen.

Seandainya kita mau menggunakan tampilan Full Screen di Word 2007, tambahkan di Customize Quick Access Toolbar (QAT) seperti berikut:

1. Klik tanda panah drop-down (ke bawah) yang ada di sebelah kanan QAT dan pilih More Commands. Letak QAT default ada di atas berupa tanda panah dropdown.
2. Pilih Commands Not In The Ribbon dari daftar drop-down Choose Commands From.
3. Turunkan ke bawah (scroll down) dan pilih Toggle Full Screen View.
4. Klik Add dan lalu klik OK.

Begitu Word 2007 menambahkan ikon tampilan Full Screen di QAT, maka kita dapat dengan mudah mengakses fitur ini, walaupun Word 2007 menonaktifkan kebanyakan shortcut di tampilan ini. Contohnya kita dapat cut, copy dan paste, tapi shortcut Ribbon dinonaktifkan. Sebagai tambahan, Word 2007 tidak akan menampilkan menu ketika kita mengarahkan mouse ke arah atas dokumen, seperti halnya Word 2003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar